Pemotongan Ternak Babi di PD. RPH Kota Malang, Jawa Timur

Ternak babi merupakan salah satu komoditas ternak penghasil daging. Populasi ternak babi terbanyak adalah di propinsi Nusa Tenggara Timur. Hewan monogastrik ini dikenal memiliki sifat-sifat dan kemampuan yang menguntungkan antara lain adalah memiliki laju pertumbuhan yang cukup cepat dan memiliki jumlah anak perkelahiran (litter size) yang tinggi.

Pemotongan ternak dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan akan daging. Dalam melaksanakan pemotongan ternak babi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain babi yang akan disembelih adalah babi sehat yang dan sudah mencapai umur 1 tahun atau memiliki bobot badan sekitar 100 kg atau lebih. 


Pemotongan terhadap babi juga perlu memperhatikan hal-hal yang menyangkut dengan peri kehewanan dan dilakukan sesuai dengan cara atau prosedur yang berlaku, sehingga tidak menyakiti hewan yang akan disembelih.

Vidio diatas adalah salah satu kegiatan penyembelihan ternak babi yang dilaksanakan pada Perusahaan Daerah (PD) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang ada di jalan Kolonel Sugiono No. 176, Ciptomulyo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Vidio tersebut menjelaskan tata cara atau tahapan yang dilakukan dalam proses pemotongan atau penyembelihan ternak babi hingga pada proses pembagian atau grid daging sesuai dengan permintaan pada konsumen tertentu.

Post a Comment for "Pemotongan Ternak Babi di PD. RPH Kota Malang, Jawa Timur"