Analisis Impact Point Dalam Penyuluhan Pertanian


Impact point atau faktor penentu adalah upaya sederhana untuk menggali dan menetapkan masalah faktual (teknis, sosial, ekonomi) yang dihadapi petani dalam pengembangan usahatani di wilayahnya. Impact point menekankan upaya sederhana, spesifik, murah, yang dapat dilaksanakan oleh petani untuk meningkatkan produktivitas usahataninya.


Metode yang dikembangkan dalam impact point adalah analisis GMP (Gawat, Mendesak, dan Penyebarannya). Gawat berarti besar kecilnya akibat atau kerugian bagi masyarakat petani setempat. Mendesak yaitu ketersediaan waktu bagi pemecahan masalah tertentu. Penyebarannya yaitu merata atau hanya parsial saja masalah tersebut muncul. Semakin merata berarti penyebarannya semakin tinggi.

Output yang ingin dicapai impact point adalah better farming diperlukan untuk inovasi teknis, better business diperlukan inovasi teknis dan ekonomis, dan untuk mencapai better living maupun better community diperlukan inovasi yang disertai inovasi ekonomis dan sosial. Pada akhirnya faktor penentu menggali masalah faktor (teknis, ekonomis, dan sosial) yang dihadapi petanni dalam pengembangan usahatani di wilayahnya.

4 comments for "Analisis Impact Point Dalam Penyuluhan Pertanian"

  1. good bro....b ada cri ini jhu aa

    ReplyDelete
  2. good bro....b ada cri ini jhu aa

    ReplyDelete
  3. Ini LUAR biasa...semoga penyululuh pertanian Indonesia memahami dan jadikan landasan dalam aktualisasi tupoksi.

    ReplyDelete