Peningkatan Produksi Daging Sapi Menuju Swasembada Daging

Tantangan utama dalam pembangunan bangsa adalah menciptakan Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat, berkualitas dan produktif. Kecerdasan dan kualitas suatu bangsa sangat berkolerasi dengan seberapa besar konsumsi protein hewani di suatu negara.


Sumber protein hewani dapat diperoleh dari mengkonsumsi daging. Salah satu daging yang mengandung nilai gizi protein yang baik bagi manusia adalah daging sapi. Daging sapi yang baik diperoleh dari sapi yang berkualitas, yaitu ternak sapi yang tercukupi kebutuhan makannya agar dapat menghasilkan daging yang nilai proteinnya baik.






Kementerian pertanian telah mentapkan penigkatan  produksi dan swasembada daging nasional sebagai salah satu program penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein bagi masyarakat Indonesia. Pemenuhan kebutuhan daging nasional hanya dapat dicapai dengan cara meningkatkan populasi dan produktifitas sapi yang diikuti dengan penigkatan bobot sapi yang akan dipotong. Upaya yang saat ini dilakukan antara lain dengan pelarangan pemotongan sapi betina produktif, pengadaan sapi unggul dari luar negeri serta mengalakan program gertak birahi.

Post a Comment for "Peningkatan Produksi Daging Sapi Menuju Swasembada Daging"