Bentuk-Bentuk Acara Siaran Radio Pedesaan

Dalam siaran radio, dikenal berbagai bentuk atau format siaran yang menjadi paduan bagi penyelenggara siaran untuk memproduksi acara siaran radio. Semakin banyak siaran radio yang disajikan dalam berbagai bentuk dan variasi dengan materi tertentu, tentu akan menarik minat dari para pendengar untuk menikmati siaran radio.

https://pxfuel.com/

Berikut ini merupakan bentuk-bentuk (format) siaran radio.

1. Uraian
Urian merupakan bentuk penyajian acara paling sederhana, mudah penggarapannya sehingga paling banyak dikerjakan dan dipakai dalam penyelenggaraan siaran. Uraian merupakan bentuk (format) dasar dalam siaran radio. Bentuk uraian pada dasarnya merupakan bentuk penyajian acara secara monolog, satu arah, langsung ke tujuan dan pada umumnya menggunakan bahasa yang formal. upaya peningkatan varian penyajian format uraian dapat dilakukan dengan menggunakan selingan musik, dialog pendek, menggunakan statemen (pernyataan)  tokoh, dan berkarakterisasi.

2. Berita
Berita (Straight News) adalah informasi mengenai berbagai peristiwa-peristiwa penting yang baru terjadi dan menarik bagi para pendengarnya. Dalam siaran pedesaan, berita biasanya berasal dari desa itu sendiri maupun dari luar desa sehingga menambah informasi bagi pendengarnya.

3. Feature
Featur adalah bentuk acara siaran yang membahas satu pokok permasalahan yang ditinjau dari beberapa segi dan digali secara mendalam, sehingga pada akhir siaran dapat diperoleh gambaran lengkap tentang yang dibahas.
Feature didefinisikan sebagai paket program yang mengangkat suatu topik ditinjau dari berbagai segi permasalahan (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan lain-lain) dengan memadukan berbagai format dasar (sub format) untuk penyajian, dimana nada musik, efek suara (sound effect), dan voice merupakan bagian integral yang membentuk kesatuan karya artistik audio.

4. Majalah Udara
Majalah udara didefinisikan sebagai suatu program atau acara siaran radio yang meyajikan berbagai topik dengan memadukan berbagai sub format (format dasar) didalamnya. Majalah udara didalamnya terkandung sub format uraian, wawancara, laporan reporter maupun statemen (pernyataan) seorang tokoh atau ahli.

5. Diskusi
Dalam diskusi, bentuk yang paling sederhana pada bentuk acara siaran ini setidaknya terdapat dua pembicara yang mewakili pendapat yang saling berbeda serta seorang pemimpin diskusi.

6. Drama (Sandiwara Radio)
Drama radio adalah konflik antar pelaku yang terangkai di dalam satu alur cerita. Bentuk penyajian acara yang menampilkan cerita kehidupan manusia melalui konflik antara tokoh antagonis dan protagonis beserta dengan pendukungnya masing-masing, untuk memperjuangkan suatu nilai yang diyakini sebagai kebenaran universal.
Cerita dalam sebuah drama bersifat terstruktur dan terikat pada kaidah-kaidah dramaturgy. Setiap judul drama biasanya terdiri dari beberapa bagian (scene) yang masing-masing scene terpisahkan dengan musik.

7. Dialog / Percakapan
Dialog adalah penyampian sauatu permasalahan atau informasi secara rantai melalui percakapan antara dua orang atau lebih dengan memasukan unsur musik atau sound effect.

8. Laporan dan Reportase
Laporan adalah bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan mengenai sebuah informasi baik secara lisan maupun tertulis.
Dalam siaran pedesaan, bentuk reportase disajikan berupa hasil laporan mengenai kejadian yang sedang berlangsung. Misalnya mengenai kunjungan pejabat atau orang penting yang saat itu juga tengah dilakukan atau adanya wabah penyakit, serangan hama dan penyakit ternak.

9. Wawancara
Wawancara adalah proses bertanya yang dilakukan oleh reporter untuk mendapatkan jawaban dari narasumber. Dalam siara pedesaan, reporter disinii adalah penyiar yang mewakili khayalak pendengar, sedangkan narasumber mewakili dirinya sebagai pihak yang berhak memberikan keterangan.

10. Jawaban Surat
Jawaban surat adalah sebuah bentuk acara siaran pedesan dimana para pendengar diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan yang disalurkan melalui surat atau bisa melalui pesan singkat (SMS) terhadap suatu kebijakan atau peristiwa. Tanggapan tersebut dibahas secara langsung (on air) dengan dijawab langsung oleh pengasuh atau menghadirkan narasumber untuk memberikan informasi lebih lanjut.

11. Acara bersambung
Acara bersambung adalah salah satu bentuk siara pedesaan yang susunan program acaranya disusun secara sistematis, teratur dan dibatasi oleh durasi sehingga akan berkesinambungan.

12. Laporan Pasar
Laporan pasar adalah bentuk siara pedesaan yang memuat berita ekonomi mengenai infomasi harga suatu komoditas pertanian, permintaan kebutuhan, maupun informasi ekonomi lainnya.

Bentuk-bentuk siaran pedesaan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di desa, sehingga informasi yang disampaikan dapat berpengaruh terhadap peningkatan kehidupan masyarakat desa.

6 comments for "Bentuk-Bentuk Acara Siaran Radio Pedesaan"

  1. Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung. Sering-sering yah...

      Delete
  2. YaAllah baru nyadar kalo ngambil dari blognya Steady

    ReplyDelete
  3. makasih mas infonya sangat bermanfaat, jgn lupa kunjungi blogreyki.blogpspot.com juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

      Delete