Siaran Pedesaan

Radio adalah seperangkat alat-alat dan komponen elektronik yang saling terhubung yang dapat menangkap radiasi sinyal melalui anthena untuk diubah menjadi gelombang audio yang akhirnya dapat menghasilkan bunyi atau suara.
 
https://www.pxfuel.com/

Dalam dunia penyuluhan pertanian, salah satu metode yang digunakan adalah Siaran Pedesaan. Siaran pedesaan yang menggunakan radio sebagai medianya adalah siaran khusus yang ditunjukan bagi masyarakat tani, pelaku utama beserta keluarganya dengan maksud menyebarkan secara cepat informasi-informasi dan pengetahuan baru dibidang pertanian secara luas.
 
Meski pun penggunaan radio sekarang ini mulai ditinggalkan, namun dibeberapa daerah radio masih sangat diminati karena kepraktisan dalam penggunaannya, serta tidak mengeluarkan biaya yang mahal.
 
Apalagi dengan makin majunya teknologi, siaran radio dapat dipancarkan dengan radius yang lebih luas, sehingga para penggunanya yang berada didaerah yang cukup jauh dari perkotaan masih bisa menjangkau dan menikmati siaran radio.

Siaran pedesaan merupakan siaran pendidikan yang ditunjukan khusus kepada masyarakat pedesaan, yang bertujuan untuk membantu masyarakat pedesaan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan yang bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan akan informasi pertanian dan peningkatan kehidupan mereka. 

Siaran pedesaan memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan pedesaan, diantaranya :

Sebagai sumber informasi yang cepat bagi masyarakat pedesaan, karena memungkinkan masyarakat desa mengikuti berbagai peristiwa yang terjadi di luar lingkungan pedesaan sekaligus menyebarluaskan pertukaran informasi diantara mereka.

Dapat dijadikan sumber ilham atau ide, informasi yang diterima dari siaran tersebut dapat dijadikan informasi yang baik bagi para pendengarnya sehingga mendorong semangat belajar melalui diskusi kelompok pendengar.

Membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan, siaran pedesaan tersebut mengandung solusi yang terjadi pada masyarakat pedesaan yang sesuai dengan kondisi permasalahan yang dialami.

Menumbuhkan iklim keakraban, dengan mendengarkan pengalaman rekan pendengar atau kelompok pendengar dalam siaran sekaligus meningkatkan kebanggaan dan kepercayaan untuk berusaha tani yang lebih baik (better farming).

Merupakan saluran umpan balik, karena berperan sebagai media komunikasi dua arah antara pengelola radio (penyiar) dengan pendengarnya, maka mendukung tumbuhnya sikap demokratis yang berdampak pada pembangunan di pedesaan.
 
 
https://www.pxfuel.com/

Bagi pemberi manfaat penyuluhan (penyuluh), radio dapat dipakai sebagai media penyuluhan karena akan lebih menjangkau masyarakat tani untuk dapat membagikan informasi pertanian. 
 
Selain itu, dengan penggunaan radio akan menjadi lebih efisien karena masyarakat tani dapat menyimak informasi pertanian tanpa harus berkumpul disuatu tempat tetapi lebih fleksibel sesuai dengan waktu kesibukannya, sehingga tidak menyita waktu produktifnya.

Post a Comment for "Siaran Pedesaan"