Daun Lampes Sebagai Perangkap Lalat Buah

Ocimun tenuiflorum atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Ruku-ruku adalah sebuah tanaman yang berasal dari keluarga Lamiaceae (tumbuhan berbunga).  Tanaman ini termaksud dalam tanaman terna yaitu tanaman yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu. Lampes, biasa disebut oleh masayarakat umum Jawa Timur ini, memilik banyak manfaat, salah satunya sebagai perangkap lalat buah.



Tanaman ini banyak tumbuh liar di musim hujan pada lahan tegal, merupakan spesies tumbuhan berbentuk perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi 45–90 cm.  Tanaman ini memiliki aroma yang menyerupai sex pheromone seperti yang ada  pada serangga betina sehingga menarik serangga jantan khususnya hama lalat buah (Bactrocera dorsalis) pada tanaman buah-buahan dan sayuran.


Dengan kemampuan untuk menarik serangga jantan tersebut, maka tanaman ini berpotensi sebagai perangkap lalat buah jantan. Berkurangnya populasi lalat jantan menyebabkan lalat betina tidak bisa bertelur sehingga secara perlahan populasi lalat buah akan lambat laun akan berkurang. 





1 comment for "Daun Lampes Sebagai Perangkap Lalat Buah"

  1. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.
    Lampes

    ReplyDelete